MARKETING

A. Pengertian

Berbicara “marketing” sama saja berbicara seputaran penjualan. “Marketing is a language global” kata Roger Thompson President Australia Marketing Institute. Roger punya alasan kuat untuk menyatakan bahwa Marketing adalah “bahasa global”. Seperti kita ketahui pada saat ini, ekonomi global bukan lagi merupakan jumlah agregat dari ekonomi nasional semua Negara dimuka bumi ini. Sebaliknya, ekonomi nasional tingkat pertumbuhannya dipengaruhi oleh tren ekonomi global.

Sementara, masalah pemasaran merupakan salah satu aspek yang sangat penting bagi perusahaan untuk menjalankan roda perusahaannya, karena tidak jarang perusahaan gagal mencapai tujuannya disebabkan sistem pemasaran yang kurang tepat. Untuk lebih jelasnya Philip Kotler (1997:8) menyatakan :


“ Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain .”

Kegiatan pemasaran tidak dapat dipisahkan dari seluruh rangkaian kegiatan usaha perusahaan karena didalamnya terdapat banyak bagian-bagian pemasaran. Sedangkan pengertian menurut William J. Stanton (1993:7) yaitu :

“ Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan jasa baik kepada konsumen saat ini maupun konsumen potensial “.



B. Perbedaan Sales dan Marketing


Terkadang orang-orang sedikit rancu dalam memahami antara “Sales” dan “Marketing”,. Pada dasarnya kedua ini jelas berbeda namun saling berhubungan. Memang keduanya sama-sama ‘jualan’. Perbedaannya adalah Sales benar-benar berjualan dalam arti yang sebenarnya yakni mendatangkan uang. Sales berusaha membuat transaksi, memindahkan uang dari kantong konsumen ke kas perusahaan. Sementara itu, Marketing lebih pada meraih perhatian, pikiran dan hati konsumen sehingga mereka mau membeli produk kita. Bukan hanya berkeinginan membeli tapi juga menjadi konsumen yang loyal. Jadi, kalau Sales kita berusaha memenangkan kantong konsumen sementara Marketing kita berusaha memenangkan persepsi konsumen.

Sales baru bekerja setelah produk sudah tersedia sedangkan marketing sudah sibuk jauh hari sebelum produk diluncurkan. Marketing adalah yang merancang strategi produk melalui apa yang kita kenal dengan Segmentasi, Targeting dan Positioning (STP). STP itu lalu diwujudkan dalam marketing mix yang terdiri dari Product, Price, Place dan Promotion (4P).

Setelah strategi marketing selesai dirumuskan, produk sudah jelas STP-nya, barulah sales bekerja. Jadi marketing ada di tingkat pemikiran sedangkan sales pada level pelaksanaan. Jika pemikirannya betul, maka pelaksanannya pun betul.

Ibarat di dunia militer, marketing adalah saat dimana rencana penyerbuan disusun. Di mana lokasi musuh, berapa kekuatannya, berapa banyak logistik yang harus disiapkan dan bagaimana cara menjangkau lokasi. Jika strategi benar, eksekusinya benar.

Dengan demikian salesman tahu harus fokus ke konsumen yang seperti apa ketika menjual produk, tidak asal ketemu orang, langsung menawarkan produk. Salesman juga tahu harus ngomong apa ke konsumen, apa yang membedakan produknya dengan kompetitor. Salesman know what to expect sehingga mereka bisa lebih efektif.

Secara singkat marketing is the brain sedangkan sales is the muscle.

Sumber : http://smarketing08.wordpress.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar